Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang yang Beredar dalam Masyarakat

Berikut ini adalah pembahasan tentang Faktor-Faktor yang Memengaruhi Jumlah Uang yang Beredar, jumlah uang beredar, faktor yg mempengaruhi permintaan uang, perbedaan uang kartal dan uang giral, faktor faktor yang mempengaruhi peredaran uang, faktor yang mempengaruhi permintaan uang.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Jumlah Uang yang Beredar

Diantara faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peredaran uang adalah;

a. Pendapatan Masyarakat

Pendapatan masyarakat akan memengaruhi peredaran uang. Apabila jumlah pendapatan yang diperoleh masyarakat semakin tinggi, maka jumlah uang yang beredar di masyarakat juga semakin tinggi. Sebaliknya, jika pendapatan masyarakat semakin rendah, maka jumlah uang yang beredar di masyarakat juga semakin sedikit.

b . Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk menentukan kecepatan jumlah uang yang beredar. Pada masyarakat yang jumlah penduduknya padat, jumlah uang yang beredar akan semakin banyak. Berbeda halnya dengan masyarakat yang jumlah penduduknya sedikit, jumlah uang yang beredar pun semakin sedikit.

c . Tingkat Suku Bunga

Semakin tinggi tingkat suku bunga, jumlah uang yang beredar semakin sedikit, karena masyarakat lebih senang menyimpan uangnya di bank. Sedangkan ketika tingkat suku bunga turun, jumlah uang yang beredar semakin banyak. Hal ini disebabkan karena orang lebih suka menggunakan uangnya untuk konsumsi daripada untuk menabung.

d . Harga Barang

Apabila harga-harga naik maka jumlah uang yang beredar semakin banyak karena orang lebih banyak membutuhkan uang untuk membeli barang.

e. Selera Masyarakat

Selera masyarakat dapat memengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Ketika selera masyarakat terhadap suatu barang tertentu tinggi maka jumlah uang yang beredar akan semakin banyak. Begitu juga sebaliknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang yang Beredar dalam Masyarakat"

Post a Comment