Pengertian dan Tugas AFNEI di Indonesia

Berikut adalah pembahasan tentang Tugas AFNEI di Indonesia, pengertian afnei, tugas pasukan sekutu di indonesia, tugas tentara sekutu di indonesia.

Pada pembahsasan yang lalu kalian telah mempelajari Perang Dunia II. Tentu kalian masih ingat bukan akhir dari PD II Ya, setelah kedua kotanya dibom atom akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.

Akibatnya di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Momentum tersebut dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk mengumandangkan kemerdekaan. Namun kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia ternyata masih membutuhkan pengorbanan untuk dipertahankan.

Bagaimana bentuk-bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Agar kalian dapat memahaminya?

Kedatangan AFNEI

Penyerahan kekuasaan Jepang kepada Sekutu dilakukan oleh Komando Asia Tenggara (South East Asia Command atau SEAC) di bawah pimpinan Laksamana Lord Louis Mounbatten.

Pasukan Sekutu yang bertugas di Indonesia adalah Allied orces Netherlands East Indies (AFNEI) yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Sir Philip Christison. AFNEI merupakan komando bawahan dari SEAC.

Tugas AFNEI di Indonesia

Tugas AFNEI di Indonesia adalah:
  1. menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang,
  2. membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu,
  3. melucuti orang-orang Jepang dan kemudian dipulangkan ke negaranya,
  4. menjaga keamanan dan ketertiban (law and order), dan
  5. menghimpun keterangan guna menyelidiki pihak-pihak yang dianggap sebagai penjahat perang.

Pada awalnya rakyat Indonesia menyambut kedatangan Sekutu dengan senang. Akan tetapi setelah diketahui NICA ikut di dalamnya, sikap rakyat Indonesia menjadi curiga dan bermusuhan.

Kedatangan NICA di Indonesia didorong oleh keinginan menegakkan kembali Hindia Belanda dan berkuasa lagi di Indonesia. Datangnya pasukan Sekutu yang diboncengi NICA mengundang perlawanan rakyat untuk mempertahankan kemerdekaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Tugas AFNEI di Indonesia"

Post a Comment