Pengertian Jaringan dan Macam-macam Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang jaringan yang meliputi pengertian jaringan, macam macam jaringan, macam macam jaringan pada hewan, macam macam jaringan pada tumbuhan.

Pengertian Jaringan

Sebelum lebih lanjut membahas tentang macam-macam jaringan pada tumbuhan dan hewan beserta pembahasannya, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi jaringan. Apakah yang dimaksud dengan jaringan?
Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Jaringan pada tumbuhan dan hewan berbeda.

Macam-macam Jaringan pada Tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan bermacam-macam, yaitu:

1) Jaringan meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya selalu aktif membelah. Jaringan ini berfungsi untuk pertumbuhan sel. Terdapat pada ujung batang dan ujung akar serta pada kambium (ikatan pembuluh).

2) Jaringan epidermis

Jaringan ini terletak pada permukaan batang, akar, dan daun. Jaringan ini berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya.

3) Jaringan parenkim

Jaringan parenkim merupakan jaringan pengisi antara jaringan yang lain. Oleh karena itu, jaringan parenkim terdapat hampir di seluruh bagian tubuh tumbuhan.

4) Jaringan pengokoh

Jaringan pengokoh berfungsi menguatkan bagian tubuh tumbuhan. Terdapat di akar, batang, daun, dan buah. Jaringan pengokoh ini terdiri atas jaringan kolenkim dan sklerenkim.

5) Jaringan pengangkut

Jaringan pengangkut dibagi menjadi dua macam, yaitu jaringan xilem dan floem. Jaringan xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari tanah ke daun. Sedangkan, floem berfungsi untuk mengangkut sari makanan dari daun ke seluruh tubuh tanaman.

6) Jaringan endodermis

Jaringan ini terdapat pada akar dan batang.
Struktur Jaringan pada Tumbuhan
Gambar: Struktur Jaringan pada Tumbuhan

Macam-macam Jaringan pada Hewan

Jaringan pada hewan sama dengan jaringan pada manusia, yaitu:

1) Jaringan epitel

Jaringan epitel berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya. Lapisan ini dibagi menjadi dua macam, yaitu epitel berlapis tunggal dan epitel berlapis banyak.

Epitel lapisan tunggal, contohnya epitel pipih selapis terdapat pada alveoli. Sedangkan, contoh epitel berlapis banyak adalah epitel pipih pada epidermis kulit vertebrata.

2) Jaringan penyokong

Jaringan ini berfungsi untuk menyokong tubuh. Jaringan ini dibedakan menjadi:
  1. jaringan ikat berfungsi memperkuat tubuh dan sebagai penghubung antarjaringan.
  2. Jaringan tulang berfungsi sebagai pelindung bagian tubuh yang lunak. Jaringan ini dibagi menjadi dua macam, yaitu jaringan tulang keras dan tulang rawan.

3) Jaringan otot

Jaringan ini berfungsi sebagai alat gerak aktif. Jaringan ini dibagi menjadi tiga macam, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

4) Jaringan darah

Jaringan darah berfungsi sebagai alat transportasi dan pelindung tubuh dari bibit penyakit. Sel darah terdiri atas darah merah, darah putih, dan trombosit.

5) Jaringan saraf

Jaringan ini berfungsi untuk menghantarkan rangsangan atau impuls. Jaringan ini terdiri atas sel-sel saraf (neuron). Neuron tersusun atas badan sel saraf, dendrit, dan akson.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Jaringan dan Macam-macam Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan"

Post a Comment