Pengertian Ekosistem, Ekologi, Populasi, Komunitas, Individu dan Habitat

Berikut ini adalah sebenarnya pembahasan tentang ekosistem dan hal-hal yang terkait dengan ekosistem yang meliputi pengertian ekosistem, pengertian ekologi, pengertian individu, pengertian populasi, pengertian komunitas, pengertian habitat.

Pernahkah kamu pergi ke sawah. Hewan dan tumbuhan apa yang kamu bisa temui di sana? Bagaimanakah hubungan hewan dan tumbuhan tersebut?

Sawah yang kamu datangi merupakan sebuah ekosistem. Di dalam ekosistem ini terdapat berbagai makhluk hidup yang saling berinteraksi.

Untuk lebih memahami tentang hubungan antara komponen ekosistem dan mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem, coba kamu cermati uraian berikut ini.
Ekosistem merupakan interaksi bolak-balik antarmakhluk hidup (biotik) dengan lingkungannya (abiotik). Ilmu yang mempelajari tentang ekosistem disebut ekologi.
Ekologi berasal dari bahasaYunani, yaitu oikos yang artinya rumah, dan logos artinya ilmu.
Jadi, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi antarmakhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Sebelum mempelajari tentang komponen ekosistem, kamu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan individu, populasi, komunitas, dan habitat.
Individu adalah satu makhluk tunggal, contohnya seekor burung. Populasi adalah kumpulan dari individu yang sama yang menempati suatu tempat tertentu. Tempat hidup suatu makhluk hidup disebut habitat. Kumpulan populasi akan membentuk suatu komunitas. Kumpulan komunitas akan membentuk suatu ekosistem.
Tingkatan Ekosistem
Gambar: Tingkatan Ekosistem 

Susunan atau Tingkatan Ekosistem
Bagan: Susunan atau Tingkatan Ekosistem
 Dalam suatu ekosistem terjadi interaksi atau hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup sejenisnya, dengan makhluk hidup lain jenis, maupun interaksi dengan lingkungannya berupa makhluk tak hidup, seperti: air, udara, tanah, cahaya matahari, suhu, angin, dan kelembapan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ekosistem, Ekologi, Populasi, Komunitas, Individu dan Habitat"

Post a Comment